Mengenal Jenis Kertas Untuk Percetakan

Mengenal Jenis Kertas Untuk Percetakan

Seperti yang kita ketahui, jenis kertas ada sangat banyak yang masing-masing memiliki fungsi dan kegunaan berbeda. Mengenali jenis kertas menjadi hal yang penting untuk diketahui pelanggan sebelum memutuskan kertas apa yang digunakan dan sesuai dengan kebutuhannya. Dengan mengetahui karakteristik bahan yang beredar, maka pemilihan bahan akan lebih seksama dan lebih tepat lagi. Berikut adalah beberapa jenis kertas yang umumnya sering digunakan untuk Percetakan :

Kertas HVS
Kertas HVS adalah jenis kertas yang paling sering digunakan. Kertas ini berwarna putih dengan tekstur yang agak kasar sehingga sangat cocok untuk mencetak dokumen, majalah, buku, dan keperluan kantor lainnya.  Gramasi yang tersedia bagi jenis kertas ini adalah 70gr, 80gr dan 100gr. Ukuran yang tersedia ad jenis HVS untuk ukuran A4 hingga A0, ukuran F4, serta ukuran Q4

Kertas BW
Kertas Blues White atau yang lebih dikenal dengan nama BW juga merupakan salah satu bahan yang umum digunakan dalam dunia percetakan. Kebanyakan kertas ini digunakan untuk membuat Sertifikat, Kalender, atau Booklet. Tekstur kertas yang halus dengan berbagai macam varian varna membuat bahan kertas ini menjadi pilihan yang baik di mata konsumen. Gramasi yang tersedia dan lazim digunakan umumnya 160 gram, 220 gram, serta 250 gram.

Kertas Art / Matt Paper
Jenis kertas ini merupakan kertas dengan permukaan licin untuk Art Paper sedangkan untuk Matt Paper berpermukaan semi matt. Umumnya penggunaan bahan kertas ini adalah untuk membuat kartu nama, brosur, flyer dimana produk cetak yang dihasilkan akan berkualitas baik karena raster kertas halus. Ukuran cetak dengan bahan kertas ini juga umumya digunakan untuk cetakan yang bersifat promosional dan berukuran kecil. Gramasi yang populer digunakan adalah  80 gram, 100 gram, 115 gram, 120 gram, dan 150 gram.

Kertas Ivory
Kertas Ivory memiliki sifat yang mirip dengan  Art paper namun warna dari kertas Ivory lebih buram tidak seputih Art Paper . Yang membedakan dengan Art paper adalah kertas ini hanya satu sisi yang permukaannya licin. Gramasi yang biasa digunakan adalah 210 gram, 230 gram, 310 gram, dan 400 gram. Jenis kertas ini sangat cocok untuk membuat poster, buku agenda, kemasan produk.

Kertas Samson
Kertas ini berwarna coklat muda dan merupakan bahan hasil daur ulang dengan permukaan yang kasar dan lebih sering digunakan untuk bahan paper bag, amplop surat, serta handtag. Karena berwarna dasar coklat, bahan ini umumnya dicetak hanya 1-2 warna saja. Gramasi yang umum digunakan adalah 150 gram dan 220 gram (karton).

Kertas Duplex
Merupakan jenis kertas yang paling mudah dikenali dan terdapat 2 varian dimana varian 1 satu sisi  berwarna putih dan sisi lainnya berwarna abu-abu sedangkan varian 2  berwarna putih di kedua sisinya. Umumnya jenis kertas ini digunakan untuk kemasan makanan seperti kotak kue, kemasan nasi kotak, dsb. Gramasi yang umumnya digunakan pada jenis kertas Duplex adalah  230 granm, 250 gram, 270 gram, 300 gram, dan 350 gram.

Kertas Jasmine
Bahan kertas Jasmin banyak digunakan untuk pembuatan Undangan karena bahannya yang  memiliki butiran gliter di permukaannya sehingga nampak mewah untuk dipakai sebagai kartu undangan. Kertas ini juga tersedia berbagai macam pilihan warna dengan 2 gramasi umum yaitu  ukuran tipis dan tebal

Kertas Linen / Buffalo
Merupakan jenis kertas bertekstur dengan berbagai pilihan warna dan ketebalan yang cukup tebal. Kertas Linen umumnya digunakan untuk pembuatan  cover agenda, notes, atau buku. Gramasi yang umum di pasaran adalah 220 gram dan 250 gram.

Kertas NCR
NCR merupakan kepanjangan dari  Non Carbon Required. Kertas ini berfungsi hampir sama seperti kertas Karbon yang berguna untuk menyalin tulisan. Tujuan utamanya adalah dengan menyalin dokumen menjadi beberapa rangkap. Kertas NCR ada berbagai warna, bertekstur lembut, dan sangat tipis. Kertas ini sangat berguna dalam pembuatan Nota, Kwitansi, atau bukti transaksi lainnya.

Leave a Comment

Name (required)
Email (required)
Comment (required)

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>